Mengasah Ketajaman Konsentrasi

Sumber: Kompas, 12 Januari 2011
Judul Buku : Tips Asah Ketajaman Konsentrasi Belajar Anak Setajam Silet
Penulis: Miftahul A’la
Peresensi: Taufik Hidayat*

Sampai detik ini, masalah konsentrasi merupakan salah satu factor utama sekalgis penunjang yang akan menentukan masa depan seseorang.

Hampir semua orang menyaki akan kenyataan semacam ini. Namun sayang dalam kenyataanya mash banyak sekali anak bahkan orang dewasa yang sulit untuk memiki daya konsentrasi yang kuat. Ini tentunya menjadi persoalan besar yang harus segera diselesaikan.

Memang secara pastinya penyebab kesulitan konsentrasi masih belum teruangkap secara jelas. Bisa dikatakan banyak sekali penyebab yang mengakibatkan melemahnya konsentrasi seseorang. Karena dalam kenyataanya masih banyak sekali berbaga faktor yang mungkin dapat mempengaruhi munculnya gangguan konsentrasi semacam ini.

Sehingga sangat sulit bagi kita untuk langsung mengatakan penyebab lemahnya daya konsentrasi. Gangguan neurologi atau Malfungsi organik otak juga berperanan sebagai salah satu penyebab munculnya gangguan konsentrasi ini.

Buku “Tips Asah Ketajaman Konsentrasi Belajar Anak Setajam Silet” ini berusaha untuk mengungkap sekaligus menjawab tentang berbagai pertanyaan tentang masalah konsentrasi. Mulai dari penyebab melemahnya konsentrasi seseorang sampai bagaimana cara yang efektif untuk mengatasi agar mampu mempertajam daya konsentrasi belajar.

Secara umum tidak semua orang memang memiliki konsentrasi yang penuh dalam belajar. Banyak juga anak-anak yang mengalami kesulitan konsentrasi dalam belajar. Kejadian semacam ini sudah merupakana sebuah fenomena umum yang hingga sekarang menjadi persoalan krusial untuk diselesaikan. Tidak mengherankan jika kemudian banyak sekali anak-anak yang meskipun sudah belajar selama berjam-jam namun belum bisa memahami secara fokus dengan apa yang dipelajrinya.

Kejadian semacam ini tentunya tidak bisa dianggap sebagai suatu persoalan kecil, meskipun juga tidak lantas dianggap sebagai masalah yang terlalu besar.

Jika anak anda memiliki daya yang konsentrasi yang lemah untuk bisa memuusatkan dan memfokuskan pada satu hal misalnya dalam urusan belajar, maka janganlah kemudian anda bersedih hati secara berlebihan dan kemudian berputus ada. Banyak sekali kemudian orang yang berputus asa dan sudah tidak semangat lagi jika memiliki kekurangan dalam dirinya. Padahal semua itu bisa untuk dilatih agar bisa memiliki daya konsentrasi yang bagus.

Yang namnya hidup memang selalu dekat dengan tantangan, semakin dewasa usia seseorang maka tangantangn ayang akan dihadapiya semakin besar.

Begitu juga semakin maju duni ini maka tantangan yang dihadapi akan semakin kompleks juga. Oleh karena itu teruslah berusaha untuk selalu mencoba memperbaiki kualitas konsentrasi yang anda miliki.

Karena konsentrasi merupakan salah satu kunci utama bagi seseorang unruk mampu bisa menghadapi berbagai tantangan yang datang dalkam hidup ini.

Sebab menurut Thomas Alva Edison, peranan IQ seseorang itu hanya 1% saja menunjang keberhasilan seseorang untuk mendapatkan prestasi dan memperbaiki masa depan, sedangkan yang 99% adalah kemauan dan kerja keras yang dimiliki oleh masing-masing individu itu sendiri. Kenyataan semacam ini tentunya merupakan salah satu fakta bahwa sesungguhnya siapapun bisa untuk mendapatkan prestasi tidak haris memiliki IQ yang tinggi. Jika harapan tersebut dapat diwujudkan, tentu akan membuat hati merasa senang sekali.

Semakin anda memiliki keinginan memperbaiki kualitas konsentrasi yang anda inginkan, maka secara bertahap maka apa yang anda harapkan akan bisa terwujud. Namun demikikian yang perlu untuk anda ingat bahwa semua itu membutuhkan waktu yang lama dan tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan.

Dalam konsentrasi, maka secara langusng kita akan mengumpulkan semua energi yang terpencar untuk fokus hanya kepada satu hal. Ini memang bukan merupakan pekerjaan mudah seperti membalikan talapak tangan.

Membutuhkan tenaga yang ekkstra untuk bisa mendapatkan semau itu. Oleh karena itu konsentrasi tidak didapat dengan begitu saja, membutuhkan latihan yang terus menerus dan tidak kenal lelah untuk mendapatkannya.

Sebenarnya untuk kunci untuk meningkatkan konsentrasi adalah sikap relaksasi, yang membuka pusat persepsi yang lebih tinggi dari otak.

Bahkan, ada bukti dari kerja biofeedback gelombang otak dilakukan oleh Barry Sterman, Ph.D., yang meningkatkan produktivitas sebenarnya fungsi dari otak bergerak antara gelombang otak beta terkait dengan kesadaran eksternal fokus dan bersepeda di 15 – 42 siklus per detik dan gelombang otak alfa yang terkait dengan bersepeda santai fokus eksternal pada 8-15 siklus per detik.

Artinya, bahwa otak yang tahu bagaimana cara untuk beralih antara bekerja dan gaya sisa perhatian cepat mampu untuk menangani berbagai masalah dan situasi yang sangat menegangkan, seperti pelatihan pilot tempur simulasi, lebih efektif dari otak yang tetap terjebak dalam keadaan beta attentional. Jadi, masa istirahat yang dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi bisa sangat singkat, tetapi harus terjadi dan harus untuk dilakukan.

Apabila kita benar-benar mampu untuk menguasainya dan memiliki konsentrasi secara optimal, maka secara otomatis tanpa disadari konsentrasi memiliki manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita.

Bukan hanya konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran. Akan tetapi lebih dari itu, dengan memiliki konsentrasi maka ketika sedang belajar, maka denga mudah akan mampu menyerap berbagai pelajaran yang diberikan kepadanya. Selain tentunya masih banyak lagi berbagai manfaat yang akan didapatkan dengan meiliki konsentrasi yang bagus dalam dirinya.

Penulis adalah Pustakawan KUTUB Yogyakarta.

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>