Catatan Cinta Ibu: Happy Parenting

Judul : Catatan Cinta Ibu; Happy Parenting
Peresensi: Sinta Nisfuanna
Penulis : Meidya Derni
Penyunting: Azzura Dayana
Penerbit : Lingkar Pena Publishing House
Tebal : 212 halaman

“Jika kesabaran itubisa dibeli di toko-toko, tentulah orangtua tidak akan pusing menghadapi ulah anak-anaknya. Tetapi ternyata kesabaran itu harus dilatih melalui serangkaian peristiwa yang dilalui bersama anak-anak” [h.vi]

Tak dipungkiri bahwa kesabaran adalah kebutuhan primer bagi sosok orang tua ketika berhadapan dengan anak-anak. Tidak hanya orangtua, tetapi juga guru maupun pembina yang bergerak di dunia anak-anak. Bersama dengan teladan, kesabaran kelak akan sangat membantu sang anak untuk dapat membentuk karakter kuat dan tidak cenderung ikut-ikutan seperti yang kerap terjadi para era sekarang.

Ketika kesabaran dan keteladanan terlewatkan dari mendidik sang buah hati, akibatnya karakter anak akan limbung dan tidak jelas. Beragam kasus berkenaan dengan hal tersebut dipaparkan oleh Meidya Derni, seperti pada pembahasan tentang Steffany yang bingung akan masa depannya, seperti yang terjadi pada sang ibu. Ataupun ketika orangtua menghadapi anaknya yang berbohong atau mencuri. Semuanya butuh penanganan yang matang dan tidak diliputi emosi.

Begitupun ketika orangtua mulai menerapkan aturan yang diberlakukan kepada sang anak, maka secara otomatis segala poin peraturan pun berlaku bagi orangtua. Mengapa? Karena hal tersebut akan berpengaruh pada kokoh tidaknya aturan tersebut. Bagaimana anak akan memandang sebuah aturan orang tua yang melarang mereka nonton tv saat jelang adzan maghrib, sedangkan di sisi lain si anak melihat kenyataan bahwa orangtuanya sendiri malah keranjingan melihat sinetron pada waktu tersebut.

Dari berbagai pengalaman dan pengamatan yang dituturkan penulis, artikel berjudul ‘Because I Love You’ dan ‘Use Your Imagination’ merupakan bagian yang paling menarik. Because I Love You adalah sebuah artikel yang berisikan upaya orangtua untuk meniadakan arogansi yang kerap melekat pada diri mereka. Arogansi ini seringkali, baik sadar atau tidak, memaksa anak untuk menjadi penurut dengan segala titah/keinginan orangtua. Sedangkan Use Your Imagination mengingatkan pada orangtua bahwa anak-anak memiliki daya imajinasi yang tinggi, sehingga ketika muncul permasalahan atau pertanyaan orangtua pun sebenarnya bisa memanfaatkan imajinasi untuk menyelesaikannya.

Salah satu teknik penulis dalam menyampaikan pemikirannya adalah melalui contoh-contoh dialog yang dapat pembaca bandingkan untuk kemudian diterapkan kepada sang anak. Dengan adanya dialog tersebut para orangtua mendapatkan gambaran yang lebih konkrit bagaimana menyikapi keaktifan dan ke-nyleneh-an anak.

Harga: Rp. 33.000 [disc.15% di parcelbuku.com]

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>