Menikmati Eksotis Jayapura

Sumber: Koran Jakarta, 06 Januari 2011
Judul : Jelajah Jayapura – Eksotisme Alam Budaya di Pintu Gerbang Papua
Peresensi: Mukhlidah Hanun Siregar
Penulis : Yusak Laksmana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : I, Oktober, 2010
Tebal : 140 hal, 13,5 x 20 cm

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan budaya natural yang beragam. Kekayaan alam Indonesia tak kalah dengan kekayaan yang ada di Negara lain. Tempat wisata yang dikunjungi pun tersebar di seluruh pulau. Ada beberapa wisata yang cukup kita kenal di Indonesia, seperti pulau Bali, Lombok, candi Borobudur, Prambanan, danau Toba, dan lain sebagainya. Indonesia bagian timur memang sering menjadi wilayah yang dipandang sebelah.

Mengapa demikian? Karena wilayah ini sering dianggap terbelakang dan memiliki wilayah yang sulit dijangkau. Dan anggapan itu menjadikan kita kurang berminat untuk mengunjungi wilayah timur. Padahal eksotis alam budaya di wilayah timur adalah kekayaan alam yang murni dan masih jarang terjamah wisatawan. Salah satunya adalah Kota Jayapura. Kota yang indah ini terletak di teluk Jayapura. Sebuah teluk dengan panorama yang sangat indah.

Teluk ini secara resmi memang sangat indah, namun mempunyai arti khusus dalam Perang Dunia II, baik segi tentara Jepang maupun tentara Sekutu dan Amerika Serikat, karena letak teluk ini sangat strategis. Di teluk ini masih terdapat peninggalan sejarah Perang Dunia II berupa bangkai-bangkai kapal Jepang maupun Sekutu yang tenggelam, sedang di Abe Pantai dibangun sebuah tugu peringatan Pendaratan tentara Jepang.

Wisata Jayapura tidak hanya berupa itu, masih banyak tempat lain yang bisa Anda kunjungi seperti Monumen Yos Sudarso. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa Komodor Yos Sudarso yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda di laut Arafuru pada 1962, dalam rangka operasi pembebasan Irian barat. Monumen ini terletak di Taman Imbi, pusat Kota Jayapura. Wisata pantai juga bisa ditemukan di Jayapura, dan tak kalah indahnya dari wisata pantai di Jawa.

Banyak orang Indonesia belum terlalu tahu atau paham dengan yang namanya Papua. Misteri tersebar di sana-sini, di provinsi paling ujung timur kepulauan Indonesia. Ada banyak pilihan destinasi wisata di Papua, mulai dari wisata alam, budaya, sampai sejarah seperti yang disebutkan sebelumnya. Kompas, GPS, atau pemandu wisata tidak terlalu banyak membantu karena memang masih kurang diperhatikan para penyedia wisata timur.

Tapi, bagi yang ingin berwisata ke Jayapura tak perlu khawatir lagi akan kondisi keamanan dan mahalnya transportasi di, ke, dan, dari sana. Anda tak perlu khawatir lagi, karena buku yang ditulis Yusak Laksmana ini bisa menjadi pemandu lengkap Anda. Dalam buku ini, Yusak menjabarkan dengan rinci seluk-beluk perjalanan wisata ke Kota Jayapura. Penjelasan dari masing-masing tempat wisata dan perjalanan lengkap dijelaskan oleh Yusak.

Bahkan, kondisi sosialekonomi, bahasa, adat istiadat, kebiasaan, serta keanekaragaman kuliner di Jayapura lengkap dijabarkan. Penjelasan juga disertai dengan berbagai foto indah dari setiap tempat wisata, yang tentunya memberikan pedoman terbaiknya bagi Anda. Buku ini ditulis dengan cara segar, bergaya santai sekaligus kaya informasi oleh orang yang memang tinggal di Jayapura.

Peresensi adalah Mukhlidah Hanun Siregar mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>