Nilai Hidup di Balik Kepolosan Dunia Anak

Sumber: Republika,4 Februari 2011
Judul: Eliana
Penulis: Tere-Liye
Penerbit: Republika Penerbit
Cetakan: I (pertama) Tahun 2011
Tebal: iv + 519 halaman

Selamat datang di dunia yang tak pernah terbayangkan. Di mana rasa ingin tahu dan proses belajar menyatu dengan kepolosan, kenakalan, hingga isengnya dunia anak-anak. Selamat datang di sebuah petualangan hebat, ketika persahabatan, pengorbanan, dan pemahaman yang baik atas kehidupan tumbuh dari wajah-wajah ceria terus melekat hingga mereka tumbuh dewasa.

Adalah Eliana, anak sulung Mamak yang pemberani, bersama tiga rekannya, mereka membentuk geng dengan sebutan “Empat Buntal”. Berempat mereka kompak, bahu-membahu melewati hari-hari seru. Kejadian suka- duka, pantang menyerah, terus menghiasi hari-hari mereka.

Melawan kerakusan di kampong kecil dengan sabuk sungai dikelilingi hutan, dan dibentengi bukit-bukit hijau adalah keseharian mereka. Adalah Mamak yang membesarkan anak-anak dengan disiplin tinggi, tegas, akhlak tidak tercela, serta tanpa kompromi. Dan adalah Bapak yang selalu riang, memberikan teladan dari perbuatan, serta selalu bijak menyikapi masalah.

Kisah lengkap perjalanan geng bocah terpapar penuh warna di buku Eliana ini. Buku ini merupakan buku ke-4 serial Anak-anak Mamak, setelah Burlian (buku ke-2), Pukat (buku ke-3), dan berikutnya Amelia (buku pertama yang terbit 2011). Inilah serial terbaik untuk memahami kasih saying keluarga, kesederhanaan, serta keteguhan tekad berbuat baik.

Dalam komentarnya, Pembina Komnas Anak, Kak Seto menyatakan bahwa Tere-Liye (penulis buku ini), mengajak pembacanya menghargai dunia anak-anak lewat karya ini. Eliana, kata dia, merupakan karya yang menantang pembaca sekalian untuk semakin peduli lingkungan lewat mozaik cerita ‘kenakalan’ anak-anak yang kaya warna dan sangat indah.

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>