Berinvestasi Melalui Internet

Sumber: Koran Jakarta, 07 Maret 2011
Judul : Cara Cerdas Berinvestasi Via Online Trading
Peresensi: Vina Iklima Idris
Penulis : Endah Tri Utami
Penerbit : TransMedia Pustaka
Tahun : I, 2010
Tebal : 226 halaman
Harga : Rp37.000

Konon menyimpan uang di bawah bantal ala ritual nenek buyut kita lebih aman daripada berkebun deposito di bank. Pada zamannya cara itu cukup meledak dan berhasil, tapi tidak menjamin “anti maling”. Terlebih kini kebutuhan investasi berjangka juga perlu penghematan dari berbagai segi secara akurat dan tepat. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi, berarti Anda harus siap dengan segala risiko. “Namun, bertindak jauh lebih baik daripada tidak melakukan apa pun,” menyitir Endah Tri Utami dalam bukunya yang padat berisi Cara Cerdas Berinvestasi Via Online trading.
Buku setebal 226 halaman terbitan TransMedia Pustaka, 2010, ini memunyai alur sederhana bagi para pemula yang memang tertarik dengan investasi melalui fi tur online trading perusahaan sekuritas. Alur dan gaya bahasa penulis cukup mudah dimengerti. Pada Bab 1 dan 2 ia memang menonjolkan prinsip-prinsip dasar dalam perencanaan keuangan. “Jangan serakah!” demikian tulisnya. Endah Tri Utami mengemukakan bahwa kunci keberhasilan bisnis dan perencanaan keuangan terletak pada kekuatan diri sendiri.

Seberapa besar kesabaran, ketekunan, dan pintar membaca peluang, merupakan manajemen inti di luar jangkauan faktor keberuntungan (lucky). Penulis menyampaikan materi-materi pemantapan perihal investasi, baik itu gambaran singkat dan tip memilih jenis-jenis investasi. Lantas, bagaimana maksudnya berinvestasi via online trading? Nah, tibalah saatnya pembaca melumat isi Bab 4 halaman 69. Penulis dengan cerdas memaparkan beberapa argumen meyakinkan. Misalnya, bahwa jika Anda (investor) cepat melakukan cut loss, maka tidak ada cerita kerugian akibat saham ambruk.

Salah satu keunggulan yang haru dimiliki online trading adalah menawarkan fl eksibilitas tempat dan waktu bagi investor. Saat ini sudah banyak broker yang menawarkan perdagangan online yang dapat diakses melalui smartphone. Mudah, dan cenderung mendorong Anda tidak malas. Masih pada bagian 4 buku ini, secara rinci namun tidak kaku, Endah Tri Utami membimbing Anda praktik cara-cara online trading. Beberapa contoh broker online ada di dalamnya, termasuk bagaimana kiat memilih broker yang “sehat” dengan catatan Anda dilarang gaptek (gagap teknologi).

Cukup merogoh 37 ribu rupiah untuk menghidupkan gairah bisnis Anda dengan cepat dan mudah. Sedikit masukan, buku ini tidak disempurnakan dengan penutup yang klimaks. Memang dibutuhkan analisis yang tajam soal ini. Jam terbang sangat memengaruhi kepiawaian dalam berinvestasi. Keuntungan besar selalu berdampingan dengan risiko tinggi menanggung rugi. Inilah yang membuat materi buku ini tetap realistis. Pembaca tak terlampau mengawangawang.

Peresensi adalah Vina Iklima Idris, wartawan Koran Jakarta.

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>