Segera Selamatkan Ezylryb!

Peresensi: Truly Rudiono
Penulis : Kathryn Lasky
Penerjemah : T. Dewi Wulansari
ISBN : 978602969872806
Halaman : 248

Hidup memang kadang bersikap seakan tidak adil!

Saat Soren, jagoan cilik  kita berhasil menemukan Eglantine adiknya, justru ryb kesayangannya hilang. Eglantine ditemukan tergeletak di tanah bersama dengan sejumlah anak burung hantu lainnya. Sebagian ada yang luka parah, sebagian lagi ada yang bersikap bingung  dan mengoceh tidak karuan.
Seputar dengan peristiwa yang disebut Kejatuhan Besar, mereka ditemukan di lahan terbuka yang sebagian besar wilayahnya tidak memiliki pohon berlubang. Bagaimanakah anak-anak itu  berada disana masih menjadi misteri, apalagi mengingat sebagai besar dari mereka tidak bisa  terbang.

Entah sebuah kebetulan atau apa, namun faktanya semua burung hantu yang diselamatkan dari Kejatuhan Besar berasal dari jenis Burung Hantu Barn. Walau berbeda nama dan warna, semuanya memiliki persamaan wajah berbentuk hati, ciri mereka adalah anggota keluarga Tyto atau Burung Hantu Barn. Anehnya walau mereka bertingkah aneh dan mengoceh ngaur, mereka semua tertarik pada musik. Begitu mendengar Madame Plonk dan perkumpulan harpa beraksi, ocehan mereka berhenti.

Soren memang belum bisa  menikmati kebersamaannya bersama Eglantine, adik kesayangannya. Masih banyak yang harus dilakukannya selain mencari ryb-nya. Untunglah Eglantine dan anak-anak burung hantu yang lain mulai kembali normal. Mereka membantu Saron dan para ahabatnya mencari ryb, serta memecahkan misteri segitiga  iblis!

Dan………….. Soren mendapat kejutan yang sangat menakutkan!

Musuhnya adalah……….

Sudah…….. baca sendiri saja, buku tipis ini penuh dengan kisah menawan.

Tidak butuh waktu lama untuk menuntaskannya.

Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

The Barn Owl adalah burung hantu berkaki panjang dengan ekor pendek. Wajah dengan bentuk hati dan mata hitam memberikan burung ini penampilan aneh dan mengejutkan. Nama-nama umum seperti “Demon Owl”, “Death Owl” atau “Ghost Owl” menunjukkan bahwa untuk waktu lama, di banyak tempat  burung hantu sebagai burung pertanda jahat.

Burung hantu juga sering disebutkan dalam berbagai hikayat. Dalam mitologi Yunani kuno, Athena, Dewi Kebijaksanaan, begitu terkesan dengan mata besar dan penampilan burung hantu lalu menjadikannya burung favorit. Sebagai simbol dari Athena, burung hantu adalah pelindung, yang menyertai pasukan Yunani untuk perang, dan memberikan inspirasi hias untuk kehidupan sehari-hari. Jika burung hantu terbang di atas Tentara Yunani sebelum pertempuran, mereka mengartikan sebagai tanda kemenangan.

Di Roma , seekor bangkai burung hantu dipaku pada pintu rumah dianggap akan bisa menghindari semua kejahatan. Di China burung hantu dikaitkan dengan petir (karena mencerahkan malam) dan dengan drum (karena memecahkan keheningan). Menempatkan patung burung hantu di setiap sudut rumah melindunginya terhadap petir. Burung hantu adalah simbol Yang berlebihan (positif, maskulin, terang, energi aktif).

Indonesia terutama sekitar Manado  masyarakat menyebutnya Burung Manguni. Setiap kali seseorang ingin melakukan perjalanan, mereka mendengarkan suara burung-burung hantu. Burung-burung hantu membuat dua suara yang berbeda, yang pertama berarti aman untuk pergi, dan yang kedua berarti lebih baik tinggal di rumah.

Burung hantu juga bisa diusir dengan cara yang unik. Di Transylvania petani menakut-nakuti Burung hantu dengan berjalan telanjang ke ladang. Burung hantu juga sudah merambah dunia ruang angkasa. Sebuah nebula, planet yang tidak teratur oleh para astronom dikenal sebagai Nebula Owl (lebih formal disebut M97 atau NGC3587)

Jika ingin lebih mengetahui dunia Burung hantu, silahkan intip http://id.wikipedia.org/wiki/Burung_hantu atau http://www.owlpages.com/

Buat beberapa orang sosok burung hantu bisa dianggap menakutkan, yang pasti sosok Soren tidak menakutkan buatku. Walau tergolong masih muda, ia terbukti cukup  bertanggung jawab dan ulet. Ia juga terbukti bisa diandalkan. Setelah bergaul cukup lama dengan kawanan vampir, werewolf, peri, dan lainnya. Menikmati kisah seputar burung hantu kecil yang berjiwa besar ini sungguh menghibur. Kisah fantasi sungguh fleksibel, bisa berwujud binatang biasa ataupun makhluk aneh. Sangat cocok untuk bacaan keluarga.

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>