Semua Tentang Kopi

Sumber: Koran Jakarta, 24 Maret 2011
Judul : Buku Pintar Kopi
Peresensi: Mukhlidah Hanun Siregar
Penulis : Ir Edy Panggabean
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Tahun : I, Februari 2011

Kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari orang. Dari setiap tiga orang di dunia, salah satunya adalah peminum kopi. Bisnis kopi pun telah menjadi bisnis puluhan miliar dollar, yang hanya mampu disaingi oleh bisnis minyak bumi. Menurut legenda, kopi ditemukan Kaldi, seorang penggembala kambing di tanah Arab.

 

Ia selalu memperhatikan bahwa kambingnya selalu menunjukkan gejala gembira setelah menggigit biji dan daun suatu tanaman hijau. Karena penasaran, ia mencoba biji tanaman tersebut dan merasakan efek semangat serta gembira.

Akhirnya penemuan ini menyebar dari mulut ke mulut, sejak itu lahirlah kopi menurut legenda di Arab. Kemudian bangsa Prancis juga tertarik dengan perdagangan kopi ini. Mereka membeli bibit kopi dari Belanda lalu dikembangkan di Pulau RĂ©union, sebelah timur Madagaskar.

Namun, mereka gagal mengembangkan kopi tersebut. Lalu pada 1723, bangsa Prancis mencoba mengembangkan tanaman kopi di daerah Pulau Martinik. Pada 1800-an, tanaman kopi dikembangkan di Hawaii. Belakangan tanaman ini juga dikembangkan di Brasil dan daerah-daerah lainnya. Sebagai obat, kopi dapat bermanfaat untuk mengobati migrain, sakit kepala, gangguan jantung, asma kronis dan gangguan buang air.

Meski demikian, konsumsi kopi berlebih bisa berakibat buruk. Jika mengonsumsi kopi secara berlebih dapat meningkatkan asam lambung, menyebabkan ketegangan, dan mempercepat detak jantung. Selain itu, konsumsi kopi secara berlebih sering dikaitkan dengan sakit maag. Belakangan, kopi digunakan sebagai minuman yang cukup nikmat. Biji kopi dikeringkan lalu dipanggang dan digiling dalam batok. Hasilnya kemudian bisa menjadi minuman kopi yang nikmat.

Kemudian, mesin penggiling biji kopi ditemukan untuk memudahkan produksi kopi sebagai minuman. Itu adalah secuil ilmu yang bisa kita temukan dalam buku yang berjudul Buku Pintar Kopi ini. Masih banyak ilmu yang bisa pembaca dapatkan dalam buku ini. Penulis begitu lihai menulis sehingga buku ini tidak terasa membosankan. Serangkaian perjalanan nikmatnya kopi tersaji di dalam buku ini. Mulai dari sejarahnya, memilih jenis kopi, menanam kopi, memelihara tanaman kopi, memanen kopi, hingga analisis budi dayanya.

Tidak hanya itu, buku ini juga mengupas pengolahan biji kopi secara lengkap dan dilengkapi data sentra penghasil kopi di setiap provinsi di Indonesia. Selain memberikan wacana baru tentang kopi, penulis juga menawarkan tip dan trik cerdas cara menghasilkan cita rasa dan aroma kopi yang enak, cara meracik minuman olahan kopi, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, buku ini juga membeberkan beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa timbul akibat konsumsi kopi yang berlebihan. Hal ini tentu menjadi rekomendasi bagi kita untuk tetap berhati-hati dalam konsumsi kopi.

Peresensi adalah Mukhlidah Hanun Siregar, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>