Mengenal Takdir Allah SWT

Sumber: Republika, 7 Maret 2011
Judul: Qadar, Di Tangan Siapakah Takdir atas Diri Kita?
Penulis: Fethullah Gulen
Penerbit: Republika Penerbit
Cetakan: I (pertama), Januari 2011
Tebal: xiv + 211 halaman

Sejumlah pertanyaan terkadang mengemuka dalam diri seseorang, baik mempertanyakan kondisi fisik maupun keadaan hidupnya. Ada orang yang bertanya, mengapa ia hanya memiliki satu tangan, padahal ia dilahirkan dari ibu yang mempunyai dua tangan yang lengkap. Ada pula pertanyaan, mengapa ia hidup miskin, sedangkan teman-temannya kaya bergelimang harta, juga mempertanyakan mengapa wajahnya buruk, sementara banyak orang berwajah ganteng dan cantik.
Pertanyaan soal keyakinan pun muncul. Mengapa dirinya beragama Islam, sedangkan tetangganya non-Muslim. Apakah keadaan itu sudah suratan takdir? Jawaban ini biasanya akrab kita dengar saat pertanyaan-pertanyaan seperti di atas muncul. Buku Qadar: Di Tangan Siapa Takdir Atas Diri Kita? akan membantu kita menemukan penjelasan menyeluruh seputar masalah ini, terutama terkait dengan persoalan sumber asal terwujudnya takdir.

Apakah ia berasal dari kehendak Allah SWT semata ataukah berasal dari kehendak kita sendiri? Atau dipengaruhi oleh kedua-duanya. Selain itu, dalam buku ini diungkapkan pula bahaya yang ditimbulkan ketika makna takdir disalahpahami. Dijelaskan bahwa takdir berkaitan dengan kedudukan Allah sebagai zat yang menciptakan alam ini, termasuk mengatur semua yang terjadi di alam ini. Dalam rangkaian penciptaan dan pengaturan alam dan isinya, Allah menetapkan segala sesuatu yang pernah dan akan ada atau terjadi berdasarkan ilmu dan kehendak-Nya.

Pemahaman yang benar akan masalah qadar (takdir) sangalah penting, karena sangat terkait dengan persepsi dan sikap kita terhadap apa yang sudah kita miliki dan apa yang harus kita lakukan. Boleh jadi, kita akan terjerumus pada kekafiran atau bisa juga terjerembab dalam sikap apatis atau liberal jika kita salah memahami makna qadar. Buku ini juga akan membantu untuk menemukan pemahaman yang benar tentang qadar, sehingga Anda bisa mengetahui di tangan siapa nasib diri Anda berada.

Makna kata takdir adalah ketetapan yang telah dibuat oleh Allah SWT menurut ilmu dan sesuai dengan kehendak-Nya. Dengan kata lain, segala sesuatu yang telah terwujud di masa lalu, di masa kini maupun di masa yang akan datang, semuanya telah ditetapkan kewujudannya oleh Allah SWT. Secara lebih jauh, buku ini memberikan penjelasan soal takdir dari berbagai sisi yang akan menuntun setiap pembacanya lebih percaya akan takdir Allah SWT.

1 comment to Mengenal Takdir Allah SWT

  • Mari kita bandingkan buku tersebut dengan Buku Agus Mustofa yang berjudul: “Mengubah Takdir Allah”.
    Kita akan mendapatkan pengetahuan spiritual yang lebih
    mendalam.

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>