Dunia Pers dalam Pandangan Seorang Pelaku Bisnis Media

Sumber: Republika,09 Maret 2011
Judul: Pers Indonesia di Mata Saya
Penulis: Erick Thohir
Penerbit: Republika Penerbit, Jakarta
Tebal: xiv + 240 halaman

Bisnis. Itulah gambaran media di mata seorang Erick Thohir. Selama ini, kita mengenal Erick Thohir sebagai pelaku dan sekaligus pemilik kelompok bisnis media. Dengan bendera Mahaka dia telah menjalankan bisnis media dalam berbagai platform. Pengalaman yang telah dilalui dan dijalani selama ini, dituangkannya dalam buku berjudul ‘Pers Indonesia di Mata Saya’.

Buku ini mengupas dunia yang justru dalam mata banyak orang kerap dijadikan alat bisnis. Padahal, sejatinya, profesionalisme dan idealisme dibutuhkan dalam bisnis apa pun, termasuk media. Dan sebagaimana bisnis lain pada umumnya, media juga bisa hidup apabila produknya disukai secara terus-menerus oleh banyak orang.

Pers yang ideal itu seperti apa? Seiring laju modernisme, pers menjadi lahan bisnis. Peminat dan pelakunya beragam dan terus bertambah. Tak dapat dihindarkan, sering kali kepentingan pemegang modal bercampur dalam kebijakan redaksi suatu media. Pemberitaan dirancang sedemikian rupa guna menyokong kepentingan pemegang modal. Di titik tersebut, pers beralih wujud menjadi komoditas komersial.

Lalu bagaimanakah mempertahankan idealisme dan independensi pers yang telah menjadi ‘bisnis’ dengan segala perangkat supply and demand? Bisnis media atau bisnis pers, sejatinya bisa dijalankan lewat pendekatan tertentu agar medianya dapat hidup, tumbuh-kembang sebagai entitas mandiri, dan tidak bergantung pada kepentingan lain di luar dunianya sendiri sehingga idelaisme di dalam media tersebut tetap terjaga.

Buku ini mencoba mengetengahkan informasi dari unsur-unsur yang menopang laju dunia media dan bisnis komersial, perebutan audiens, naik-turunnya pengaruh pemberitaan, hingga perkembangan bentuk dan penyajian berita. Kiranya ini adalah sekelumit frgamen-fragmen dunia pers Indonesia generasi kini.

Tidak hanya dunia media secara makro, buku ini juga mengungkap dinamika mikro industri media. Ruang redaksi yang menjadi salah satu simpul penting dalam bisnis media dibahas dengan paparan yang renyah sehingga sangat mudah dicerna. Gesekan-gesekan yang kerap terjadi dalam bisnis media juga menjadi salah satu tema yang disorot sebagai salah satu warna yang membedakannya dengan bisnis di bidang lain.

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>