Jurus Jitu Meraih Kesuksesan

Sumber: Koran Jakarta, 11 Mei 2011
Judul : Borrowing Brilliance; Rahasia Sukses dengan Meminjam Gagasan Orang Lain
Penulis : David Kord Murray
Penerbit : Kaifa, Bandung
Tahun : I, 2011
Tebal : 408 halaman

Indikasi kesuksesan dalam sebuah bisnis adalah ketika pelaku atau pemilik bisnis tersebut selalu menuai keuntungan secara material dalam jumlah yang banyak. Banyak dan beragam pula jalan yang ditempuh oleh para pelaku bisnis untuk meraih kesuksesan tersebut.

 

David Kord Murray dalam buku yang berjudul Borrowing Brilliance menawarkan sebuah jurus jitu untuk meraih kesuksesan. Dalam buku tersebut, penulis juga mengisahkan cerita kesuksesan yang inspiratif seperti Sony Walkman, film Star Wars, Bill Gates dengan Windows-nya, Mark Zuckerberg dengan Facebook-nya, Larry Page dan Sergey Brin dengan Google-nya, dan lain sebagainya.

Jurus jitu untuk meraih kesuksesan yang ditawarkan oleh Murray tersebut adalah dengan meminjam gagasan orang lain. Dalam jurus yang diajarkan Murray tersebut, terdapat enam langkah yang menjadi proses untuk meraih kesuksesan. Enam langkah tersebut adalah mendefi nisikan, meminjam, memadukan, inkubasi, menilai, dan memperkuat. Tiga langkah yang pertama adalah membangun. Dengan demikian, tiga langkah yang pertama tersebut adalah membangun gagasan di atas pondasi permasalahan yang telah didefi nisikan dengan baik.

Gagasan itu sendiri seperti bangunan dan permasalahan bisnis ibarat pondasinya. Setelah permasalahan didefi nisikan, kemudian dipinjamlah gagasan-gagasan (milik orang lain) dengan permasalahan yang sejenis atau sama. Gagasan-gagasan tersebut bisa diperoleh dari para pesaing atau rekan, kemudian keluar dari dunia bisnis dan mencari gagasan atas permasalahan tersebut dalam dunia sains, hiburan, dan seni. Setelah itu, dipinjamlah gagasan-gagasan tersebut dan dipadukan untuk membentuk stuktur dari keseluruhannya. Hal itu ditujukan untuk menciptakan solusi baru.

Itulah tiga langkah pertama yang juga disebut oleh Murray sebagai asal usul gagasan kreatif. Tahap berikutnya adalah tahap evolusi ide kreatif yang terdiri dari tiga langkah yang kedua; inkubasi, menilai, dan memperkuat. Proses inkubasi adalah membiarkan hasil pemaduan berinkubasi menjadi sebuah solusi sehingga pikiran bawah sadar menjadi hal yang diandalkan. Setelah proses inkubasi menemukan solusi, langkah berikutnya adalah menilai. Menilai itu sendiri adalah mengidentifi kasi kekuatan dan kelemahan solusi.

Pada proses atau langkah ini, berbagai pertimbangan harus dimunculkan guna memprediksi ketepatan sasaran. Kemudian langkah yang terakhir adalah memperkuat gagasan tersebut menjadi gagasan yang siap untuk dilakukan. Dengan membaca buku yang berjudul Borrowing Brilliance; Rahasia Sukses dengan Meminjam Gagasan Orang Lain, para pembaca diajak untuk melatih berpikir kreatif guna meraih kesuksesan.

Pada dasarnya, semua orang di dunia ini mengharapkan kesuksesan di segala hal dan berbagai bidang yang ditekuninya. Kesuksesan adalah harga mati, sementara jalan menuju kesuksesan tersebut juga tidak semulus yang dibayangkan. Buku ini barang kali bisa memunculkan inspirasi dan merangsang pemikiran pembaca sehingga mampu merangkai dan menginovasi sendiri.

Peresensi adalah Supriyadi, staf pembimbing pada Yayasan Ali Maksum, Yogyakarta.

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>