Kesetiaan untuk Sang Bangau

bangauSumber: Indosiar
Judul: Heaven’s Net Is Wide
Penulis : Lian Hearn
Penerjemah: Meithya Rose Prasetya
Penerbit: PT Matahati
Tebal: 786 halaman
Cetakan: November 2009

Cinta, kesetiaan, kehormatan, perebutan kekuasaan, pengkhiatan, dan pembunuhan, merupakan hal yang selalu ada dalam kisah-kisah ksatria, seperti novel Heaven’s Net Is Wide ini.

Novel karya penulis wanita Lian Hearn, setebal 786 halaman, merupakan prekuel dari kisah Klan Otori lainnya, yang sudah lebih dulu sukses, seperti Across the Nightingale Floor, Grass for His Pillow, Brilliance of The Moon, dan The Harsh Cry of the Heron.

Dalam novel ini, pembaca dibawa menelusuri kisah kehidupan Otori Shigeru, sebelum menyelamatkan Takeo, pewaris klan Otori selanjutnya. Diceritakan pula bagaimana terjadinya hubungan antara Lady Maruyama dan Otori Shigeru. Wanita-wanita yang berperan dalam kehidupan Shigeru, terutama wanita yang menjadi penyelamatnya dari bencana.

Meski alur cerita terasa lamban di bab-bab pertama, karena fokus cerita lebih mengarah pada proses pendewasaan Shigeru dan pembelajaran yang diterima Shigeru dari Matsuda Shingen, namun pada bab pertengahan, kisah Shigeru mulai mendebarkan.

Dikisahkan bagaimana Shigeru kehilangan satu persatu orang yang dikasihi dan dicintainya, bagaimana Shigeru kehilangan hak warisnya, dan harus mengikhlaskan diri, Otori dipimpin paman-paman tirinya yang pengkhianat dan pengecut, serta keteguhan dan keyakinannya, akan mampu menghancurkan musuh utamanya, Iida Sadamu.

Hal yang disukai dari novel Heaven’s Net Is Wide ini, adalah penjelasan tentang klan-klan tokoh cerita dan anggota-anggota keluarga, sahabat, pendukung klan, serta wilayah-wilayah kekuasaannya, sehingga mempermudah pembaca mengikuti jalan cerita. Selain itu, terlepas dari penulisnya adalah seorang wanita, peran wanita dalam cerita ini cukup mendominasi, bukan hanya sebagai pelengkap cerita.

1 comment to Kesetiaan untuk Sang Bangau

  • Blognya bagus kawan, resensi sebuah tulisan yang membuat kita semakin kritis tentang buku atau karya lainnya. Punya pengalaman tentang menulis resensi? bagi-bagi dong. Saya ingin nulis resensi tapi media mana yang siap menerima ya?

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>