Sebuah Kisah tentang Kepolosan Dunia Anak

Sumber: Republika, 26 April
JudulĀ  Buku: Pukat
Penulis: Tere liye
Penerbit: Penerbit Republika Jakarta
Tebal: vi + 351 halaman

Novel yang berkisah tentang dunia anak adalah termasuk karya yang tidak terlalu mudah dijumpai di pasaran. Penulis novel, Tere Liye, pun terdorong kuat untuk mengisi ruang kosong tersebut, sekaligus untuk memberikan pendidikan alternatif bagi anak-anak. Kali ini, Tere Liye hadir dengan novel terbaru berjudul ‘Pukat’.


Novel ini bercerita tentang anak-anak Mamak yang tinggal di kampung pedalaman. Dunia anak pun dikisahkannya penuh kepolosan. Dalam novel ini, dunia anak hadir apa adanya. Tidak ada cerita tentang masa remaja dalam novel ini.

Meski dibesarkan dalam kesederhanaan, keterbatasan, berbaur dengan kepolosan dan kenakalan, Mamak selalu menanamkan arti kerja-keras, kejujuran, harga diri serta perangai tidak tercela. Dan di sini, kasih sayang keluarga adalah segalanya.

Sebuah endorsement menarik pun disampaikan oleh aktivis dunia anak, Kak Seto. Di sampul belakang buku ini, Kak Seto mengungkapkan bahwa novel Tere Liye ini menggetarkan. “Dalam bahasa yang enak dan mengalir indah, ‘Pukat’ mengajak kita untuk memahami nilai-nilai kejujuran, persahabatan, dan kreativitas, yang dikemas dalam mewujudkan mimpinya,” tutur Kak Seto.

1 comment to Sebuah Kisah tentang Kepolosan Dunia Anak

  • Novel yang bersifat edukatif sangat diperlukan sekarang ini di tengah-tengah dibombardirnya anak-anak dan remaja kita oleh tayangan sinetron televisi yang tak banyak mendidik. Lihatlah tayangan sinetron kita, banyak sekali menampilkan: cara berpakaian anak sekolah yang tak pantas, murid yang melawan atau tidak menghargai guru, berpacaran di sekolah, style bertengkar dengan sesama teman, dan sejenisnya. Semoga lebih banyak lagi novelis Tere Liye-Tere Liye lainnya untuk meramaikan novel Indonesia yang berkualitas. Selamat. economist-suweca.blogspot.com

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>