Mencipta Inovasi dalam Diri

Judul buku: 365 Hari Berfikir Positif
Penulis: Brook Noel
Peresensi: Siti Muyassarotul Hafidzoh
Penerbit : Daras Books, Jakarta
Cetakan: 1, Juni 2010
Tebal: 340 halaman

Setiap hari yang kita jalani tentunya memberikan pengalaman inspiratif melanjutkan langkah di hari selanjutnya. Evaluasi menjalani hidup setiap hari membikin pengalaman inspiratif sebagai daya kekuatan yang menakjubkan untuk menaklukkan tantangan di hari berikutnya. Kegagalan atau kesuksesan yang kita raih menjadi bekal untuk kehidupan yang semakin tegar, teguh dan berprinsip. Semakin jeli menangkap pesan keseharian kita, potensi kita setiap waktu akan berkembang. Tak ada yang kita jalani, akhirnya, menjadi sia-sia. Hari-hari akan kita jalani dengan riang, gembira, dan penuh motivasi.

Buku berjudul “365 Hari Berfikir Positif” menjadi buku panduan yang menarik sebagai salah satu referensi kita dalam menjalankan roda kehidupan setiap hari. Yang paling mengesankan dalam memotret kehidupan setiap hari yang termuat dalam buku ini adalah hadirnya kata-kata inspiratif dari berbagai tokoh dunia. Kutipan inspiratif tersebut selain menggugah daya motivasi, juga melangkahkan kita jauh ke belakang ihwal jejak masa lalu para tokoh yang kata-kata menggugah pada jamannya. Jejak historis yang melekat dalam kutipan tersebut menumbuhkan kesadaran historis akan kejayaan masa lalu yang dicetak manusia pada jamannya. Kesadaran sejarah sangat penting untuk membuka mata batin kita dalam menajamkan kekuatan yang visioner di masa depan. Pearl S. Buck mengatakan, “jika anda ingin memahami hari ini, anda harus mencari hari kemarin.”

Inspirasi masa lalu yang penuh daya inovasi yang terkutip dalam buku ini menjadikan gerak langkah kita setiap hari sebgaai sebuah motivasi yang tinggi. Hari-hari yang akan kita jalani menjadi penuh inovasi tiada henti. Inovasi ini sangat penting, karena perjalanan hidup yang akan kita lalui dalam setahun biar tidak lagi membosankan. Inovasi membuat langkah kehidupan semakin nyata, sehingga perjalanan kehidupan lahir penuh semangat. Jalan kehidupan yang akan kita lalui juga sangat menyenangkan, karena inovasi membuat hidup lebih hidup lagi. Kebosanan hilang dan rutinitas yang kita jalani penuh dengan gairah yang menggugah. Melalui beragam inovasi pastilah menjadi dambaan setiap orang, karena membuat hidup lebih awet.

Panduan setiap hari yang direkam dalam buku ini sangat menarik dalam menjalani perjalanan hidup dalam setahun. Referensi yang akurat. Ketika kita kehilangan referensi dalam menjalani hidup di pagi hari, seketika dengan membuka buku ini kita akan mendapatkan ruh kegiatan yang menancap dalam diri kita. Panduan harian ini merupakan bentuk kamus dalam diri kita, sehingga sekecil apapun yang kita jalani, bisa terekam dengan begitu baik dalam buku ini. Untuk itulah, rekaman hidup ini semakin membuka wawasan spektakuler yang terus melekat dalam gerak-gerik yang kita jalani di kemudian hari.

Perjalanan hidup dalam 365 hari akan menjadi penanda penting bagi masa depan kita. Cita-cita yang kita pajang dengan sedemikian rupa menjadi pertaruhan yang sangat keras untuk kita wujudkan sekuat tenaga. Cita-cita yang kita imajinasikan harus menjadi pelecut daya kekuatan dalam meraihnya. Dengan cita-citalah kehidupan akan semakin mewarna dan penuh sensasi. Perjalanan hari yang dijalani dengan sepenuh cita-cita juga akan membuat inovasi semakin berkembang pesat, menjangkau berbagai hal yang tidak mungkin, melampaui berbagai capaian yang tak terkira sebelumnya. Motivasi tinggi dengan daya kekuatan yang sepenuhnya akan membuat manusia selalu tak atah arang dalam menerobos berbagai kemungkinan yang dicita-citakan.

Memaknai kehidupan setiap hari mutlak sangat dibutuhkan. Karena menjalani kehidupan yang sukses haruslah dijalani dengan kesalahan yang sedikit mungkin. Meminimalisir kesalahan sangat penting, karena kesuksesan menuntut kedisiplinan tinggi, dan kecermatan dam membaca peluang. Semakin sedikit kesalahan yang diperbuat, maka akan semakin dekat dengan tangga kesuksesan. Kesalahan menjadi pelajaran penting sehingga setiap saat harus selalu diminimalisir. Karena semakin banyak kesalahan, justru akan membuat gerak langkah sukses kita terhenti di tengah jalan. Hari-hari yang dijalani dengan riang, gembira, penuh motivasi dan inspirasi, semakin membuat kuatnya tangga kesuksesan.

*Peneliti Center for Developing Islamic Education (CDIE) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

2 comments to Mencipta Inovasi dalam Diri

Komentar

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>